Tentang Tekad

Gambar 

Tekad memiliki definisi tersendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti Kemauan/Kebulatan hati. 
Didalam Al-Qur'an di jelaskan mengenai Tekad (yang artinya) : "Dan sesungguhnya telah kami perintahkan kepada Adam dahulu, maka ia lupa (akan perintah itu), dan tidak kami dapati padanya kemauan yang kuat." (Surat Thaha : 115).
Tekad yakni adanya keyakinan dalam diri yang memprediksikan bahwa diri kita akan menjadi seperti yang kita yakini. Kita harus meyakini bahwa impian kita akan menjadi nyata. "Suatu kenyataan yang terjadi itu bukan hanya terjadi satu kali tetapi tiga kali."
Kapan sajakah kenyataan itu terjadi? 
Gambar 1.1

1. Ketika kita mengatakan dalam hati, dengan keyakinan yang kuat bahwa saya bisa melakukannya.
Gambar 1.2

2. Berusaha dengan segala kemampuan yang ada.


Gambar 1.3

3. Serta diiringi do'a.

Tekad yang kuat harus dimulai dengan kemauan yang besar, kemauan untuk menciptakan tekad, karena tanpa kemauan seseorang akan mati. Misalnya : "Saya bertekad untuk menjadi seperti X karena memang ada kemauan dalam diri untuk menjadi seperti X." Memiliki kemauan yang besar itu memang tidaklah mudah karena sebagian besar dari kita hanya memiliki kemauan yang alakadarnya, kemauan yang hanya bersifat angan-angan, kemauan yang tidak diiringi rasa untuk memenuhinya. Karena itu sangat penting sekali memiliki suatu kemauan yang besar sehingga dapat tercipta suatu tekad dalam mewujudkannya.
Kemauan yang besar dapat muncul dalam diri kita apabila kita memiliki pengetahuan yang luas, pengetahuan yang dapat memberikan motivasi dalam diri. Setiap pengatahuan yang bersifat mendorong ataupun menarik diri membara untuk menjadi sesuatu. 
"Kesuksesan didapat dengan tekad yang kuat, sebuah tekad tercipta atas kemauan yang besar, suatu kemauan muncul dari pengetahuan, semua pengetahuan diperoleh dari dari guru yang baik, di antara guru yang baik adalah pengalaman."  

7 Responses to "Tentang Tekad"

  1. Sering sering bikin artikel motivasi kayak gini mba. Keren

    ReplyDelete
  2. Tapi jangan sampai karena tekad yang terlalu kuat membuat kita menggunakan segala macam cara untuk menggapainya

    ReplyDelete
  3. Iya. Jika yang pertama udah ada niat. Inshaallah terkabul

    ReplyDelete
  4. cocok untuk jadi motivasi hidup gan :D nice post

    ReplyDelete
  5. Subhanalloh, sangat menginspirasi gan.

    ReplyDelete

Yuk.. Komentar nya yang berhubungan dengan tema atau agama islam