4 Macam Kriteria misi islam dapat terwujud


Untuk mewujudkan misi islam, pemuda muslim harus memiliki 4 macam kriteria & semuanya harus dipercayai.



Iman yang kokoh - Iman sendiri memiliki arti percaya dalam hati mengucapkan dengan lisan dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari hari. Iman adalah sesuatu yang harus kita yakini & percayai, untuk menjaga iman agar tidak mudah tumbang, sebab Allah swt berfirman dalam surat Al-Hujurat ayat 15 artinya :
Sesungguhnya orang-orang yang beriman kepada Allah swt dan RasulNya kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjihad dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah swt, mereka itulah orang-orang yang benar.
Keikhlasan yang sungguh-sungguh - ikhlas memiliki arti tulus dan bersih namun ikhlas merupakan mengerjakan sesuatu dengan mengharap ridha Allah swt. Keikhlasan tidak dimaksudkan untuk dibuat-buat atau riya. Allah swt telah mengingatkan kepada hambanya dalam firmannya surat Al-Bayinnah ayat 5, artinya : 
Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah swt dengan memurnikan ketaatan kepadaNya dalam (menjalankan) agama dengan lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat dan demikian itulah agama yang lurus.




Usaha yang berkelanjutan - salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam mewujudkan missi kita adalah tidak mengenal rasa jenuh dan malas. Allah swt berfirman dalam surat At Taubah 105, artinya :
Dan katakanlah: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasulnya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada Allah yang mengetahui akan yang gaibdan yang nyata, lalu diberitakannya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.
Maksud dari ayat diatas tidak mengharap apa-apa kecuali hanya alternatif menang atau mati dijalan Allah swt, Allah swt juga mengingatkan hambanya :
 Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga. Padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terlebih dahulu sebelum kamu?. Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya, "Bilakah datangnya pertolongan Allah?" ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.



 Allah swt berfirman dalam surat Al Ahzab ayat 39, artinya
(Yaitu) orang-orang yang menyampaikan risalah-risalah Allah, mereka tekut kepadaNya dan mereka tiada merasa takut kepada seorangpun selain kepada Allah. Dan cukuplah Allah sebagai pembuat perhitungan.

4 Responses to "4 Macam Kriteria misi islam dapat terwujud"

  1. terima kasih gan udah saling mengingatkan kita semua. artikel yangsangat bermanfaat sekali :) ditunggu artikel selanjutnya gan

    ReplyDelete
  2. Magus nih pepmahasannya...

    ReplyDelete

Yuk.. Komentar nya yang berhubungan dengan tema atau agama islam