FAKTA MENARIK AYAM BERKOKOK


Ayam- adalah unggas yang dapat dipelihara orang untuk dimanfaatkan untuk keperluan hidup pemeliharanya, baik itu daging hingga kulitnya. 
Rasulullah SAW bersabda tentang ayam :
Janganlah kalian mencela ayam jantan. Karena dia membangunkan untuk shalat.  (HR. Abu Dawud & Sanad Shahih)
Suatu saat ada sahabat Rasulullah yang berkata :
Sesungguhnya ada ayam jantan berkokok di dekat Nabi Muhammad SAW, lalu ada seorang sahabat yang mengucap "semoga Allah SWT melaknat ayam jantan ini!!"



Rasulullah menegurnya dengan bersabda :
Sekali-kali jangan, sesungguhnya ayam jantan membangunkan seseorang untuk mengerjakan shalat.
Selain itu dalam sabdanya Rasulullah SAW mengatakan bahwa ayam adalah hewan yang bisa melihat kedatangan malaikat. +-1400 Silam Rasulullah SAW bersabda :
Bila engkau mendengar suara ayam jantan maka mintalah karunia kepada Allah SWT karena ia melihat malaikat, sedangkan bila engkau mendengar ringkikan keledai, maka berlindunglah kepada Allah SWT dari setan karena dia melihat setan. (HR. Bukhari 3303 & Muslim 2729)
Ayam jantan memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki binatang lain, yaitu mengetahui perpindahan waktu di malam hari. Dia berkokok di waktu yang tepat dan tidak pernah ketinggalan. Ayam berkokok sebelum subuh dan sesudah subuh, hampir tidak pernah kesiangan. Baik malamnya panjang atau pendek. Karena itulah, sebagian ulama mefatwakan untuk mengacu kepada ayam jantan yang sudah terbukti dalam menentukan waktu.

Sabda nabi adalah wahyu Allah SWT yang sudah dipastikan kebenarannya. Namun pengetahuan Nabi SAW ini ternyata dibuktikan secara ilmiah oleh para ilmuan abad now.

Sebuah study dalam jurnal Public Library od Science ONE tahun 2010 menemukan bahwa ayam memiliki kerucut retina tambahan dibandingkan dengan manusia, yang memungkinkan mereka bisa membedakan warna tambahan.

Para ilmuan di AS tepatnya di Washington University di St Louis yang dipimpin oleh Joseph Corbo mengatakan kemampuan untuk melihat warna berasal dari sel cahaya sensing  khusus yang ditemukan di retina. Sel-sel ini, disebut kerucut, datang dalam berbagai rasa, yang masing-masing dapat mendeteksi panjang gelombang cahaya yang berbeda.

Berbeda dengan manusia, manusia memiliki tiga jenis kerucut yang memungkinkan kita untuk melihat warna (merah, hijau & biru). Tapi ayam memiliki kerucut ekstra untuk melihat violet dan sinar ultraviolet. Ditambahlagi, kerucut pada ayam ini di distribusikan secara merata di seluruh retina ayam.

Studi ini sejalan dengan sabda Rasulullah SAW yang mengatakan bahwa ayam dapat melihat malaikat. Pasalnya malaikat merupakan makhluk Allah SWT yang diciptakan dari cahaya atinya dari sinar ultraviolet.

Lalu mengapa dianjurkan berdoa ? 
Alasan kita dianjurkan bedoa ketika ayam berkokok adalah mengharapkan ucapan amin dari malaikat untuk do'a kita dan permohonan ampun mereka kepada kita, serta persaksian mereka akan keikhlasan kita.
 Alasan apalagi? 
Kita bisa belajar dari ayam jantan 5 hal : 1. Suaranya yang bagus, 2. Bangun diwaktu sahur, 3. Sifat cemburu, 4. Dermawan (suka berbagi), 5. Sering Jimak.
Kenapa sih ayam berkokok jika fajar tiba ? Saat terbitnya matahari juga banyak terdengar ayam berkokok, namun bukan karena mataharinya, melainkan melihat cahaya yang terpancar dari para malikat-malaikat Allah SWT, yang sedang sibuk memberikan rizky dari Allah SWT untuk semua makhluk setiap harinya. Maka jangan lewatkan untuk selalu bangun pagi dan shalat Subuh.


1 Response to "FAKTA MENARIK AYAM BERKOKOK"

Yuk.. Komentar nya yang berhubungan dengan tema atau agama islam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel