Pertemanan dunia & akhirat


Sebagai makhluk sosial manusia membutuhkan teman. Memiliki banyak teman merupakan kebanggaan bagi diri sendiri, karena teman menjadikan kita merasa terhibur disaat menghadapi masalah atau ujian hidup.
Tanpa adanya teman, kita terasa hidup sendiri (individualis). Melakukan pertemanan tidak hanya milik dua orang saja, namun bisa secara berkelompok. Di antara banyak teman, kita pasti menemukan teman sejati atau yang biasa disebut sahabat.
Memiliki teman sejati merupakan harta karun yang tak ternilai, teman sejati/sahabat bisa kita maknai seperti sodara kita sendiri. Setiap manusia harus menjaga pertemanan dengan baik seperti menjaga sodara kandung. Jangan sampai pertemanan menjadi terputus hanya karena masalah kecil, apalagi dikarenakan sesuatu hal yang awalnya diniatkan sebagai pujian namun berdampak buruk karena pujian tersebut tidak sesuai dengan harapan.
Pujian mampu menjadikan sebuah energi yang mampu mempererat tali pertemanan. Karena sesungguhnya pujian yang membuat orang lain senang akan membawa energi yang besar untuk kehidupan ini.
Sebagai makhluk sosial yang baik, tentu kita menyadari bahwa pertemanan itu mengandung banyak arti, mampu menguatkan kebersihan hati untuk tetap menjalani hidup ini dengan baik. Berikut merupakan inspirasi agar tetap menjadi pribadi yang menarik dalam menjaga pertemanan :

  1. Terbuka untuk menjaga rahasia
  2. Selalu bersama dalam suka dan duka
  3. Saling mendukung satu sama lain

Terbuka untuk menjaga rahasia
Untuk sahabat jadilah sahabat yang pintar menyimpan rahasia dan jangan menutup diri sehingga menjadikan pribadi yang menarik bagi sahabat sendiri. Buatlah  kita untuk berbicara, bila ada rahasia yang disampaikan, sahabat harus benar-benar menjaga rahasia tersebut agar tidak bocor ke orang lain.

Selalu bersama dalam suka dan duka
Terkadang dalam kehidupan ini kita sering membedakan waktu kita sebagai manusia individualis, dimana kita merasa senang, namun di sudut lain teman kita mengalami masalah, kita sebagai temannya harus bisa menghibur. Karena hidup adalah siklus maka kita akan mengalami apa yang teman kita rasakan.

Saling mendukung satu sama lain
Sahabat tidak boleh saling menjatuhkan dan mencelakai. Terkadang ada juga sahabat yang seringkali menjatuhkan sahabatnya kalau sedang berkumpul dengan teman yang lain. Jika sahabat sedang kesulitan, wajib kita bantu dan memberi dukungan agar mampu menjalani segala masalah yang ada dengan baik dan tuntas. Jangan tinggalkan sahabat kita hanya karena hal atau permasalahan yang tidak perlu dipermasalahkan.
Siapa yang menemukan teman yang setia maka dia menemukan harta karun

0 Response to "Pertemanan dunia & akhirat"

Post a Comment

Yuk.. Komentar nya yang berhubungan dengan tema atau agama islam