Ads

hari jumat alkahfi

hari jumat alkahfi
Imam Jalaludin As-Sayuthiy dalam bukunya yang berjudul "Nurul Lum'ah fi Khasha'ishul Jum'ah" mengetengahkan 101 keistimewaan khas dari hari jum'at, disertai dalil hadits-hadits yang diriwayatkan oleh para sahabat nabi, para ulama tabi'it-tabi'in radhiyallahuanbumajmain. Masing-masing keistimewaannya adalah ciri khas dari haji jum'at yang mulia, sebagai Yaumul I'd (Hari raya) dalam pandangan agama islam.

Sebagaimana telah kita ketahui, pada hari jum'at kaum muslimin diwajibkan oleh Allah SWT untuk menunaikan shalat jumat dan melaksanakan sunnah salah satunya membaca surat alkahfi, dengan bentuk amaliyahnya yang khas, seperti keharusan berjama'ah dalam jumlah yang cukup banyak, khutbah jum'at dan shalat dua raka'at sebagai pengganti shalat zhuhur.
Dalam risalah ini kami hanya ingin mengemukakan beberapa saja dari banyak keistimewaanya hari jum'at. 

Mengenai hari jumat sebagai hari besar bagi kaum muslimin, Rasulullah SAW telah bersabda
Artinya : "Sesungguhnya hari itu (jumat) adalah hari yang dijadikan oleh Allah sebagai hari raya bagi kaum muslimin. Karena itu barangsiapa yang hendak menghadiri shalat jumat hendaklah ia mandi (lebih dahulu). Jika ia mempunyai wewangian (minyak wangi atau lainnya) hendaklahh ia memakainya dan hendaklah kalian bersiwak (menggosok gigi)."

Hadist tersebut diriwayatkan oleh ibnu majah, berasal dari ibnu Abbas Ra. Hadits yang lain lagi diriwayatkan oleh Ath-Thabrani yang berasal dari Abu Hurrairah Ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda kepada jama'ah kaum muslimin Artinya : "Hari itu (jumat) adalah hari yang oleh Allah dijadikan sebagai hari 'id bagi kalian. Karena itu hendaklah kalian mandi dan bersiwak".

Demikian rinci Rasulullah SAW memberi petunjuk sampai yang terkecil-terkecilnya mengenai amalan-amalan yang perlu dilakukan oleh setiap muslim pada tiap hari jumat.

Untuk lebih mempertegas lagi bahwa hari jumat itu hari raya, Rasulullah SAW melarang kaum muslimin berpuasa khusus pada hari tersebut. Hadits berasal dari Abu Hurrairah Ra, yang diriwayatkan oleh bukhari dan muslim, yang menuturkan bahwa Rasulullah SAW bersabda Artinya :
"janganlah ada di antara kaluan yang berpuasa pada hari jumat, kecuali jika ia berpuasa pada hari-hari sebelum dan sesudahnya".

Bukan hanya berpuasa pada jumat saja yang tidak disukai Rasulullah SAW, bahkan juga mengkhususkan shalat malam pada malam jumat. Mengenai hal tersebut, sebuah hadiys yang diriwayatkan oleh muslim, berasal dari Abu Hurrairah Ra, yang menuturkan bahwasannya Rasulullah SAW telah bersabda Artinya : "Janganlah kalian melakukan shalat khusus malam jumat seperti yang dilakukan pada malam-malam yang lain, dan janganlah kalan berpuasa khusus hari jumat seperti puasa yang dilakukan pada hari-hari yang lain". 

0 Response to "hari jumat alkahfi"

Post a Comment

Yuk.. Komentar nya yang berhubungan dengan tema atau agama islam

iklan 1

iklan 2

iklan 3

iklan 4