Ads

Keistimewaan hari jumat

[Islam sunni agamaku] Amat banyak keistimewaan hari jumat, diantaranya :
  • TIDAK MAKHRUH SHALAT TENGAH HARI
Pada hari jumat tidak dimakhruhkan shalat tengah hari,  yakni shalat pada saat mata hari tepat diatas kepala.

Mengenai hal ini Abu Dawud meriwayatkan sebuah Hadits dari Qatadah, dari Rasulullah SAW bahwasannya beliau tidak makhruk shalat tengah hari pada hari jumat, kemudian menyatakn : 
ان جهنم تسجر الايو م ا لجمعة
Artinya : "Neraka jahanam terus-menerus menyala kecuali pada hari jumat".
  • MENANGGUHKAN MAKAN DAN TIDUR SIANG SETELAH SHALAT JUMAT
Disunnahkan menangguhkan makan dan tidur siang setelah shalat jumat. Seperti Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, dari Sa'ad bin Sahl yang mengatakan bahwa :
ماكنانقيل و لانتغدي ا لا بعدالجمعه
Artinya : "Kami tidak tidur pagi dan tidak makan siang kecuali sesudah shalat jumat".
Ahmad bin Hanbal dan Al-Hakim meriwayatkan hadits yang berasal dari aus bin aus ats-tsaqafiy ra, yang menuturkan bahwa ia mendengarkan sendiri rasulullah saw bersabda, artinya :
Barangsiapa yang membersihkan badan dan mandi pada hari jumat, kemudian ia siap segera berangkat menghadiri shalat jumat, berjalan kaki, tidak berkendaraan, lalu mendekati imam (duduk di shaf terdepan) dan tidak berbuat sia-sia serta mendengarkan khutbah baik-baik, tiap langkah (yang ditempuh dalam perjalanan ke masjid) ia peroleh imbalan pahala satu tahun puasa dan shalat-shalat jumatnya.
  • LARANGAN BERCUKUR RAMBUT SEBELUM SHALAT JUMAT 
Dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, berasal dari Amr bin Syu'aib yang menerima dari ayahnya sendiri, dikatakan oleh Syu'aib bahwa ia menyaksikan sendiri Rasulullah SAW melarang bercukur rambut pada hari jumat.
  • LARANGAN BERPERGIAN JAUH SEBELUM SHALAT JUMAT
Hal ini dinyatakan dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh ibnu Abu Syaibah, berasal dari Hassan bin Athiyyah, yang menuturkan bahwasannya orang yang pada hari jumat berangkat berpergian jauh (sebelum menunaikan shalat jumat) ia didoakan keburukannya (oleh malaikat), tidak ditemani dan tidak juga dibantu.
  • HARI PENGHAPUS DOSA
Ibnu Majah meriwayatkan sebuah hadits dari Abu Hurairrah Ra, yang menuturkan bahwasannya Rasulullah SAW bersabda, artinya :
Dari hari jumat hingga jumat (berikutnya) adalah masa penghapusan dosa (bagi orang yang menunaikan shalat jumat) manakala ia tidak berbuat dosa besar.
Hadits yang lain diriwayatkan oleh Al-Hakim, berasal dari Sulaiman yang menuturkan bahwasannya Rasulullah SAW pernah bertanya kepadanya: "Tahukah engkau apakah hari jumat itu?" ia menjawab : "Allah dan RasulNya yang lebih mengetahui". Beliau kemudian menjelaskan :
Hari itu adalah hari dimana Allah SWT mengumpulkan kedua orang tua kalian (Adam dan Hawa). Seorang hamba yang berwudhu dengan baik lalu datang ke masjid untuk menunaikan shalat jumat, Allah menghapuskan dosa-dosanya (yang diperbuat) dari jumat yang satu sampai jumat yang lain.
  • AMAN DARI SIKSA KUBUR
Abu Ya'la meriwayatkan sebuah Hadits yang berasal dari Anas Ra, yang menuturkan bahwasannya Rasulullah SAW bersabda :
Barangsiapa yang meninggal dunia pada hari jumat, ia terhindar dari siksa kubur.
Hadits semakna juga diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy (dalam kitabnya), berasal dari Ikrimah bin Khalid Al-Makhzumi yang menuturkan bahwasannya Rasulullah SAW bersabda :
Barangsiapa yang meninggal dunia pada hari jumat atau pada malam jumat, Allah menetapkannya sebagai orang beriman dan menghindarkannya dari siksa kubur.
  • HARI PENCIPTAAN ADAM
Muslim meriwayatkan sebuah Hadits berasal dari Abu Hurairrah Ra, yang menuturkan bahwasannya Rasulullah SAW bersabda :
Hari terbaik dimana matahari terbit adalah hari jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, pada hari ia dimasukkan ke dalam surga, dan pada hari jumat juga ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari jumat.
  • HARI TERMULIA
Ibnu majah dan Al-Baihaqiy dalam "Asy-Sya'ab" meriwayatkan sebuah hadits berasal dari Abu Lubabah bin Abdullah Al-Mundzir yang menuturkan bahwasannya Rasulullah SAW bersabda :
Hari jumat adalah hari termulia dan terbesar dalam pandangan Allah. Dalam pandanganNya hari jumat itu lebih besar daripada hari idul Adha dan Fithri. Dalam hari jumat terjadi lima peristiwa: Pada hari itu Allah menciptakan Adam, pada hari itu Allah menurunkannya ke bumi dan pada hari itu Allah mewafatkan Adam. Pada hari jumat tiap hamba Allah yang memohon sesuatu akan dikabulkan selagi yang diminta bukan hal yang haram. Dan pada hari itu pula kiamat akan terjadi. Tidak hanya Malaikat Muqarrab, tidak pula langit, bumi, angin, gunung dan lautan, melainkan semuanya merindukan hari jumat.
Didalam beberapa kitab madzhab Hanbali terdapat keterangan bahwa para ulama madzhab tersebut berbeda pendapat mengenai manakah yang lebih afdhal antara malam jumat dan malam Lailatul Qadr, Ibnuu Bathuhah dan jamaah lainnya berpendapat bahwa malam jumatlah yang lebih afdhal.
Akan tetapi pihak lain berpendapat bahwa kalimat "laylatul qadri khayrun min alfisyahr" (Malam Qadr lebih baik dari seribu bulan) sebagai ukuran nilai, didalamnnya tidak terdapat makna malam jumat. Sama halnya ukuran nilai"lebih baik daripada seribu bulan" yang oleh sebagian ulama dipandang tidak mencakup Lailatul Qadr (dalam jangka waktu seribu bulan tersebut).
Selain itu, malam jumat senantiasa kekal di dalam surga dan di dunia pun jelas kejadiannya, tak diragukan sama sekali. Sedangkan Malam Qadar (Lailatul Qadr) kapan terjadi tidak dijelaskan oleh Rasulullah SAW dan tetap merupakan waktu yang mazbnun (diduga atau diperkirakan).

Baca Artikel lainnya :

Oleh karena itu banyak sekali keistimewaan pada hari jumat lainnya yang tidak dapat dipaparkan jelas, maka kita sebagai hamba Allah SWT senantiasa berada dijalan Allah. Bagaimana pun hari jumat lah kita mendapat hari pembalasan.

0 Response to "Keistimewaan hari jumat"

Post a Comment

Yuk.. Komentar nya yang berhubungan dengan tema atau agama islam

iklan 1

iklan 2

iklan 3

iklan 4